💥ANGELOLOGI💥
✝️(Bagian 3)✝️
➡️Kerub☑️
➡️Kerub☑️
Kerub adalah golongan malaikat lainnya. Kerub juga jelas memiliki derajat yang tinggi.
Kerub disebut dalam:
☑️Kejadian 3:24.
☑️2 Raja-Raja 19:15.
☑️Yehezkiel 10:1-22; 28:14-16.
☑️Kejadian 3:24.
☑️2 Raja-Raja 19:15.
☑️Yehezkiel 10:1-22; 28:14-16.
Sekalipun secara etimologi kata Kerub tidak diketahui dengan pasti, tetapi ada yang mengusulkan bahwa kerub artinya "menutup atau menjaga.
Baca Juga: BAGIAN 2 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Baca Juga: BAGIAN 2 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Rupanya Kerub berfungsi sebagai penjaga kekudusan Allah yang telah menjaga jalan menuju ke pohon kehidupan di Taman Eden (Kejadian 3:24).
Penggunaan kerub-kerub sebagai hiasan dalam Kemah Suci dan Bait Suci mungkin juga menunjukkan fungsi mereka sebagai pelindung (Keluaran 25:19-20; 1 Raja-Raja 6:23-29).
Mereka juga membawa kereta beroda yang dilihat oleh Yehezkiel, (Yehezkiel 1:4-5; 10:15-20).
Sementara ada juga yang menganggap empat makhluk hidup yang disebut dalam kitab Wahyu 4:6 sama dengan Kerub, meskipun yang lain merasa bahwa makhluk-makhluk itu melambangkan sifat-sifat khas Allah.
Dapat di simpulkan bahwa tugas utama Kerub adalah "mengawal Takhta dan kekudusan Allah."
➡️Serafim☑️
Serafim disebutkan dalam wahyu kepada Yesaya tentang Bait Allah surgawi.
Mereka mempunyai enam sayap dan dapat terbang (Yesaya 6:2.6)
Tampaknya Serafim berbeda dengan Kerub karena dikatakan bahwa Allah duduk atas para Kerub, (1 Samuel 4:4; Mazmur 80:2; 99: 1), tetapi para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya (Yesaya 6:2).
Tugas para Serafim juga berbeda dengan tugas Kerub.
Para Serafim memimpin penghuni
surga dalam pemujaan kepada Allah Yang Mahakuasa dan menyucikan hamba-hamba Allah sehingga pemujaan dan pelayanan mereka berkenan kepada-Nya.
Maksudnya, tugas para Serafim rupanya di bidang pemujaan dan kekudusan dan bukan di bidang penghakiman dan kekuasaan.
Dengan kerendahan hati yang mendalam dan penghormatan yang sungguh-sungguh, para Serafim melaksanakan pelayanan mereka.
Sebaliknya para Kerub merupakan pengawal takhta dan kekudusan Allah serta duta-duta luar biasa Allah.
Jadi, Kerub dan Serafim berbeda dalam kedudukan dan pelayanannya.
(Henry , Thiesser 1992:221).
Catatan:
Istilah "Malaikat TUHAN sering kali tampak dalam Perjanjian Lama. Jelas istilah ini tidak mengacu kepada malaikat yang biasa.
Baca Juga: BAGIAN 1 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Baca Juga: BAGIAN 1 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Malaikat TUHAN adalah
CHRISTOPHANY, yaitu perwujudan KISTUS sebelum lA berinkarnasi menjadi Manusia.
Malaikat TUHAN itu berbicara sebagai Allah, menyamakan -Nya dengan Allah dan menggunakan hak istimewa Allah.
Referensi utama mengenai Malaikat TUHAN adalah sbb:
☑️ Kejadian 16:7-12; 21:17-18; 22:11-18.
☑️ Keluaran 3:2.
☑️ Hakim-Hakim 2:1-4 ; 6:11-24; 13:3-22.
☑️ 2 Samuel 24:16.
☑️ Zakharia 1:12; 3:1; 12:8.
Perwujudan-perwujudan Malaikat TUHAN itu berakhir sesudah KRISTUS berinkarnasi menjadi manusia.
Hal ini menguatkan kesimpulan bahwa Malaikat Tuhan adalah KRISTUS sebelum berinkarnasi menjadi manusia.
➡️Penguasa-Penguasa Pemerintahan☑️
Pertama, Pemerintah-pemerintah.
Kata-kata ini dipakai oleh Paulus untuk menunjukan suatu golongan malaikat yang baik dan yang jahat, yang terlibat dalam pemerintahan semesta alam.
☑️Roma 8: 38.
☑️Efesus 1:21 ; 2:2 ; 3:10 ; 6:12. ☑️Kolose 1:16 ; 2:10,15.
Kedua, Penguasa-penguasa.
Kata-kata ini rupanya menekankan tentang kekuasaan malaikat-malailat dan roh-roh jahat yang melebihi kekusan manusia yang digunakan
dalam hubungan dengan utusan-utusan dunia,
☑️Efesus 1:21; 2:2; 3:10; 6:12. ☑️Kolose 1:16; 2:10,15.
☑️1 Petrus 3:2.
Ketiga, Kekuasaan-kekuasaan.
Kata-kata ini menekankan kenyataan bahwa para
malaikat dan roh-roh jahat memiliki kekuasaan yang lebih besar dari pada manusia, (2 Petrus 2:11).
Keempat, Singgasana dan kerajaan.
Pemberian nama ini nekankan martabat dari wewenang maiaikat-malaikat penguasa menurut penggunaan Allah dalam
pemerintahan-Nya.
☑️Efesus 1:21.
☑️Kolose 1:16.
☑️2 Petrus 2 10.
☑️Yudas 1:8.
➡️Malaikat-Maiaikat Biasa☑️
Kata malaikat baik dalam bahasa Ibrani maupun dalam bahasa Yunani berarti "utusan".
Murid-murid yang diutus oleh Yohanes Pembaptis kepada Yesus disebut "anggeloi" atau "utusan". (Lukas 7:24).
Hanya konteks yang menjelaskan, apakah kata malaikat itu menunjuk kepada utusan malaikat ataukah utusan manusia biasa.
Baca juga: BAGIAN 4 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Malaikat-malaikat biasa tidak terhitung banyaknya. Daniel mengatakan seribu kali beribu-ribu melayani Dia dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan.
Nya (Daniel 7:10).
Pemazmur mengatakan, "Kereta-kereta Allah puluhan ribu bahkan beribu-ribu banyaknya" (Mazmur 68:18).
Tuhan Yesus memberi tahu kepada Petrus bahwa Bapa-Nya akan mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat bila Dia
memintanya (Matius 26:53).
Dalam kitab lbrani kita membaca tentang beribu-ribu malaikat (Ibrani 12:22).
Malaikat-malaikat ini mungkin muncul sendirian, (Kisah Para Rasul 5:19), Berpasangan (Kisah Para Rasul 1 : 10), atau berkelompok (Lukas 2:13).
Baca juga: RENUNGAN KRISTEN LAINNYA
➡️Penguasa-Penguasa Pemerintahan☑️
Pertama, Pemerintah-pemerintah.
Kata-kata ini dipakai oleh Paulus untuk menunjukan suatu golongan malaikat yang baik dan yang jahat, yang terlibat dalam pemerintahan semesta alam.
☑️Roma 8: 38.
☑️Efesus 1:21 ; 2:2 ; 3:10 ; 6:12. ☑️Kolose 1:16 ; 2:10,15.
Kedua, Penguasa-penguasa.
Kata-kata ini rupanya menekankan tentang kekuasaan malaikat-malailat dan roh-roh jahat yang melebihi kekusan manusia yang digunakan
dalam hubungan dengan utusan-utusan dunia,
☑️Efesus 1:21; 2:2; 3:10; 6:12. ☑️Kolose 1:16; 2:10,15.
☑️1 Petrus 3:2.
Ketiga, Kekuasaan-kekuasaan.
Kata-kata ini menekankan kenyataan bahwa para
malaikat dan roh-roh jahat memiliki kekuasaan yang lebih besar dari pada manusia, (2 Petrus 2:11).
Keempat, Singgasana dan kerajaan.
Pemberian nama ini nekankan martabat dari wewenang maiaikat-malaikat penguasa menurut penggunaan Allah dalam
pemerintahan-Nya.
☑️Efesus 1:21.
☑️Kolose 1:16.
☑️2 Petrus 2 10.
☑️Yudas 1:8.
➡️Malaikat-Maiaikat Biasa☑️
Kata malaikat baik dalam bahasa Ibrani maupun dalam bahasa Yunani berarti "utusan".
Murid-murid yang diutus oleh Yohanes Pembaptis kepada Yesus disebut "anggeloi" atau "utusan". (Lukas 7:24).
Hanya konteks yang menjelaskan, apakah kata malaikat itu menunjuk kepada utusan malaikat ataukah utusan manusia biasa.
Baca juga: BAGIAN 4 ANGELOLOGI | TEOLOGI TENTANG MALAIKAT
Malaikat-malaikat biasa tidak terhitung banyaknya. Daniel mengatakan seribu kali beribu-ribu melayani Dia dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan.
Nya (Daniel 7:10).
Pemazmur mengatakan, "Kereta-kereta Allah puluhan ribu bahkan beribu-ribu banyaknya" (Mazmur 68:18).
Tuhan Yesus memberi tahu kepada Petrus bahwa Bapa-Nya akan mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat bila Dia
memintanya (Matius 26:53).
Dalam kitab lbrani kita membaca tentang beribu-ribu malaikat (Ibrani 12:22).
Malaikat-malaikat ini mungkin muncul sendirian, (Kisah Para Rasul 5:19), Berpasangan (Kisah Para Rasul 1 : 10), atau berkelompok (Lukas 2:13).
Baca juga: RENUNGAN KRISTEN LAINNYA
Be the first to reply!
Post a Comment